PAT KETUPAT K-LINK

PAT KETUPAT K-LINK 

Sebenarnya ketupat berasal dari banyak budaya di kawasan Asia Tenggara, namun dalam filosofi Jawa, hidangan ketupat bukan sekedar hidangan khas hari lebaran saja. Ketupat atau kupat dalam bahasa Jawa merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat. Ngaku lepat artinya mengakui kesalahan. Laku papat artinya empat tindakan.
Ketupat yang berbahan dasar beras biasanya dibungkus dari anyaman daun kelapa muda atau janur, dibuat berbentuk kantong, dan kemudian dimasak dalam waktu lama. Memasak ketupat memang butuh keahlian tersendiri, jika Anda tidak sabar bisa-bisa ketupat menjadi lembek atau menjadi keras. Ternyata banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika memasak ketupat, berikut tipsnya:
  • Pilihlah beras yang kualitas sedang hingga bagus. Pilih bungkus ketupat yang rapat dan bentuknya bagus. Jangan ambil janur yang sudah mengering.
  • Rendam ketupat selama satu jam supaya daun kelapa (janur) tidak mudah patah.
  • Cuci beras hingga bersih dan tiriskan. Anda bisa menambahkan kapur sirih saat beras dicuci. 
  • Isi bungkus ketupat dengan kurang lebih tiga perempat dari tinggi bungkus ketupat.
  • Rebus selama 4 hingga 5 jam.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasak ketupat. Untuk Anda yang masih bingung cara memasaknya, dan ingin menggunakan cara praktis untuk memasak ketupat, K-LINK memiliki solusi yang lebih praktis. Yuk, cobain K-Tupat Mini dari K-LINK.
Hadir dalam bentuk kemasan kotak berisi 20 bungkus ketupat versi mini dan unyu-unyu yang dikemas lagi dalam plastik vakum, ketupat mini K-link menawarkan produk modern dengan sentuhan teknologi, sesuatu yang mempermudah dan mempersingkat usaha manusia. Berat bahasa Mantu memang. Maap.
Intinya Pat Pat K-tupat Mini K-Link ini adalah ketupat biasa, yang biasa kita makan saat lebaran, namun dalam versi modern dengan cara masaknya tidak merepotkan konsumennya. Cukup masak ketupat mini selama satu jam, hidangan siap disajikan dengan kawan-kawannya (opor, rendang dan gengnya). Asik kan!

Bagaimana Cara Masak Ketupat Mini K-Link?

Gampang sekali. Mari simak Shay:

1. Keluarkan ketupat mini dari dalam plastik dan cuci di bawah keran. Jangan terlalu kasar mencucinya nanti kemasannya terbuka dan isinya pada tabur. Ok.

2. Panaskan air dalam panci menggunakan kompor atau bisa juga menggunakan magic com.

3. Setelah air mendidih, masukan pat pat k-tupat mini k-link ke dalam panci. Nah, bisa juga ditambahkan sedikit garam (biar ada sensasi asin gurih), atau daun pandan (biar harum) atau kombinasi keduanya atau tidak usah sama sekali.Sesuai selera saja.

4. Tunggu hingga 60-90 menit. Dalam tempo ini, jangan lupa sesekali di cek, pastikan badan si ketupat mini ini tercelup pada air, biar bentuknya syantikkk dan gembul merata. Oh ya, jangan kaget juga, biasa aja kalau ternyata cara masak ketupat mini inicuma butuh waktu sejam. Biasa aja, jadi IRT masa kini gak boleh kagetan gitu. Haha.

5. Setelah selesai, angkat si ketupat yang montok ini dari dalam pannci ke wadah berlubang yang bisa meniriskan air.

6. Dan, tadaaaaa..... pat pat k-tupat mini k-link siap disantap bersama makanan jahat khas lebaran Haha. Inget kadar kolestrol dalam darah ya, jangan kalap.




















Post a Comment

0 Comments